Selasa, 22 Maret 2011

KONFIGURASI DNS SERVER di SLES 11 SP1/OPENSUSE 11.4


 Tutorial kali ini menjelaskan tentang konfigurasi DNS Server di SLES,
“apa fungsi DNS server ?” singkatnya fungsi dari DNS server seperti kamus bahasa . DNS server menerjemahkan nama/FQDN (Fully Qualified Domain Name) menjadi IP Address dan sebaliknya.
Fungsi DNS server inilah yang memudahkan kita mengakses web dengan nama domain. Nah, sekarang saya akan menjelaskan bagaimana konfigurasi dasar DNS Server menggunakan SLES, tutor ini juga dapat diterapkan di OpenSUSE 11.4 karena konfigurasi ini menggunakan YaST.

Klik Computer – YaST untuk memulai konfigurasi DNS server
masukkan password root lalu klik Continue

Maka akan muncul tampilan YaST2 Control Center kemudian pilih Software Management

Setelah itu centang DHCP and DNS pada menu Patterns

Jika paket DNS (bind) belum terinstall, maka secara otomatis akan meminta izin untuk menginstall paket tersebut, klik Install untuk melanjutkan

lalu isikan IP address komputer lalu klik Add, maka komputer akan menggunakan IP dirinya sendiri sebagai DNS Server, klik Next untuk melanjutkan

isikan nama Zone yang akan kita buat, contoh : linux-avenger.com lalu klik Edit

kemudian pada tab NS Records ketik ns1 lalu klik Add, maksud dari ns1 adalah nama server ini yang bertanggung jawab menjalankan service DNS, lalu klik tab MX Records.

Pada langkah ini tidak diharuskan, jika kita memiliki sebuah mail server sebaiknya diisikan pada tab ini, contoh : mail.sugiarti.com. Klik tab Records untuk melanjutkan.

Setelah semua tahapan semua selsai tekan OK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar