Kamis, 24 Februari 2011

RANGKUMAN

                        Jum'at, 18 Februari 2011
Rangkuman Pertemuan ke- II

Ruang Lingkup dan Type Variabel

Sebuah variabel memiliki ruang lingkup (scope) tertentu, tergantung dengan cara bagaimana variabel tersebut dideklarasikan. Terdapat 3 macam scope suatu varibel :

1. Variabel Public

2. Variabel general

3. Variabel lokal

Masing-masing scope tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Variabel Public yaitu dimana variabelnya dapat diakses atau dibaca dalam semua form atau program tapi dalam satu project.
  2. Variabel general adalah variabel yang dapat dipanggil atau digunakan tetapi hanya satu form atau hanya satu class saja. Sebagai contoh dalam sebuah program di bawah ini:


    Dim Jurusan As String
    Dim kelas,jenjang As String, waktu As Integer

    Terlihat ada 4 variabel yang dideklarasikan di bagian Declaration sebuah form bernama Form1. Selanjutnya variabel yang dideklarasikan di bagian ini akan dipakai untuk melakukan berbagai inputan di tiap prosedur. Anda dapat membuka source code yang disertakan untuk meneliti lebih

    jauh bagaimana variabel tersebut dipakai.
Berhati-hati jika menggunakan variabel jenis ini, karena nilai suatu variabel akan terusberubah mengikuti perlakuan di setiap prosedur yang mengaksesnya. Untuk mempermudah menelusuri error dan maintenance aplikasi dapat menggunakan variabel dengan scope local.
  1. Variabel lokal
            Apabila suatu variabel dideklarasikan dalam suatu prosedur tertentu, maka variabel tersebut hanya

dapat diakses atau digunakan hanya dalam lingkup dia berada. Perhatikan contoh kode berikut :


Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
Dim lo As String
If TextBox1.Text="TI" Then
lo="06"
TextBox2.Text="Teknik Informatika"
Else
If TextBox1.Text="SI" Then
TextBox2.Text="Sistem Informasi"
End If
End If
End Sub


Variabel lo dideklarasikan di dalam prosedur Button1_Click sehingga hanya berlaku di dalam prosedur tersebut saja. Lo tidak dapat diakses dari luar Button1_Click. Apabila menggunakan variabel yang hanya dipakai dalam suatu prosedur tertentu maka sebaiknya menggunakan jenis variabel ini.
Pengertian prosedur di sini adalah menyangkut function, event, dan properti, sehingga tidak terbatas pada event saja sebagaimana dicontohkan di atas.
Karena variabel ini scope nya lokal untuk prosedur tertentu saja maka nama variabel tersebut hanya berlaku di dalam prosedur dimana variabel tersebut dideklarasikan. Dalam pembuatan variabel lokal jika syntaxnya tidak digunakan maka akan menjadi error maka sebab itu di tambahkan "06" untuk sebagai code agar snytaxnya dapat di pergunakan.
  • Setiap penggunaan objec pasti di ikuti propertiesnya
  • Program untuk TextBox jika di Enter akan berpindah ke TextBoxt berikutnya.
    menunjukan object

    menunjukan event


Tidak ada komentar:

Posting Komentar